Skip to content

UKEN 2022: Harapan PP INI Tentang Notaris Yang Berintergritas

(Jakarta – Notarynews)  Perubahan adalah sebuah keniscayaan. Tak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri. Dimanapun rekan Notaris berada, dan kapan pun itu tentunya perubahan selalu membayangi termasuk jumlah Notaris di Indonesia yang daribtahun ketahun terus bertambah. Dan tahun 2022 diperkirakan jumlahnya akn mencapai mencapai 20 ribu orang.

Pengurus Pusat tentunya harus mengambil peran dalam menyiapkan calon-calon Notaris yang kompeten agar mampu memasuki dunianya yang siap pakai, professional dan berintegritas moral tinggi.

774 orang mengikuti UKEN 2022 di Jakarta

Ditegaskan Sekretaris Umum Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia, Tri Firdaus Akbarsyah, SH. MH dalam konferensi pers disela-sela acara “Ujian Kode Etik Notaris (UKEN) Tahun 2022” di ruang VVIP Ballroom Birawa Hotel Bidakara, Jakarta (14/5) mengatakan bahwa calon notaris yang telah mendaftar ujian kode etik (UKEN) pada tahun 2022, tidak semua berkesempatan mengikuti UKEN, dikarenakan ada beberapa persyaratan yang belum dipenuhi.

Tri Firdaus saat melihat kesiapan jalannya ujian wawancara
Tri Firdaus saat melihat kesiapan jalannya ujian wawancara

Pelaksanaan UKEN tahun 2022 kali ini memang agak berbeda seperti disampaikan oleh Sekum PP INI, di mana tahun PP INI melakukan verifikasi atas sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh Anggota LuarBiasa (ALB) yang akan mengikuti UKEN.

Diakui Tri Firdaus, animo ALB yang mendaftar sebagai peserta UKEN begitu besar. Salah satu syarat yang boleh mengikuti UKEN adalah ALB yng telah menjlani Magang Bersama semester 1- 4 (dua tahun) dan dibuktikan dengan Sertifikat Magang dari INI.

Sekretaris PP INI, Tri Firdaus Akbarsyah saat memberikan keterangan kepada awak media
Sekretaris PP INI, Tri Firdaus Akbarsyah saat memberikan keterangan kepada awak media

“Dan ternyata pada gelombang pertama jumlah peserta mencapai 500 orang, selanjutnya gelombang kedua dibuka mencapai seribuan lebih, sehingga totalnya mencapai 1700 an,” terang Tri Firdaus.

Hanya saja, lanjut Tri Firdaus, dikarenakan kapasitasnya yang banyak di samping waktu yang mepet, maka kemudian dilakukan verifikasi. Lantas kenapa ini harus dilakukan?

“Karena mohon maaf, namanya juga ALB, ada saja yang ingin cepat diangkat, selesai UKEN terus diangkat tapi menyalahi prosedur,” ujar Tri Firdaus.

Dan ditegaskan Tri Firdaus bahwa telah ditemukan dalam verifikasi PP INI, surat-surat yang dipalsukan. Dan ada ketentuan-ketentuan yang dilanggar. Misalkan ALB ini sebenarnya belum cukup umur untuk ikut UKEN, tapi karena ingin cepat ikut ujian dia pindah ke Pengda atau Pengwil lain untuk mendapatkan rekomedasi SKM (Surat Keterangan Magang).

Tentunya hal ini lanjut Tri Firdaus, agar kedepan jangan sampai terjadi lagi dikemudian hari. “Inilah pentingnya verifikasi. Artinya apa, kami benar-benar ingin menghasilkan Notaris yg memiliki integritas.

Untuk itu, seseorang yang akan menduduki jabatan Notaris (sebagai pejabat umum), tentunya harus memiliki integritas. Karena dia menggunakan lambang negara (burung garuda). Artinya, dia harus menjaga amanah yang sudah diberikan negara kepadanya.

Tri Firdaus menilai sejauh ini kualitas pendidikan magister kenotariatan di Indonesia saat masih berbeda-beda dan beum ada keseragaman. Untuk itu. kepada ALB, Sekretaris PP INI mengingatkan ALB yang nantinya akan menduduki posisi jabatan Notaris juga harus mempersiapkan diri membekali pengetahuannya agar kelak menjadi pejabat umum yang ‘Profesioanal’.

Ditegaskan Tri Firdaus bahwa pelaksanaan UKEN memang tidak akan merubah seseorang integritasnya menjadi lebih baik. Tapi tentunya, kita ingin mengetahui sejauhmana penguasaan keilmuan ALB yang nantinya akan dia praktekan dalam pelaksanaan jabatannya sebagai Notaris.

Lebih jauh Tri Firdaus mengungkapkan bahwa UKEN 2022 diikuti pada tahap ini diikuti oleh 774 Anggota Luar Biasa (ALB) Adapun kegiatan pembekalannya telah dilaksanakan oleh PP-INI dan Dewan Kehormatan Pusat INI pada tanggal 10 MEI 2022 (online) dan 14 Mei 2022 hari ini (Ujian Tulis + Ujian Lisan) secara offline. Selanjutnya, pelaksanaan tahap kedua UKEN kita akan swlenggarakan pada bulan Oktober 2022.  (PraMono)

Releated Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *