Skip to content

Rektor Unissula : Perlunya Penguatan Materi Kuliah Teknik Pembuatan Akta

(Semarang – Notarynews) Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Prof. Dr. H. Gunarto, SH, MH secara resmi membuka seminar nasional bertajuk ” di Auditorium Unissula pada Sabtu, (6/7) pukul 13.20 wib.

Rektor menyatakan bahwa hari ini merupakan sejarah penting di mana Magister Kenotariatan bersatu padu dengan Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) yang bertujuan mengembangkan ilmu kenotariatan bagi indivindu mahasiswa kenotariatan.

500 peserta hadiri seminar nasional di auditorium Unissula Semarang
500 peserta hadiri seminar nasional di auditorium Unissula Semarang

Untuk  itu, lanjut Prof Gunarto, sebagai rektor unissula dia mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PP INI dan seluruh jajarannya di sekuruh Indonesia karena merupakan kebanggaan bagi pengelola Prodi Magister Kenotariatan di seluruh Indonesia khususnya PTS, sering kali ada diskriminasi, khususnya kepada Program MKn swasta.

“Tapi, hari ini Ketua Umum PP INI telah menunjukkan keadilan kepada Prodi MKn Swasta, karena Saya rasa semuanya punya tujuan yang sama yaitu ingin mewujudkan Indonesia yang sejahtera, maka kita bersama-sama berkomitmen yang tinggi menghimpun perjuangan dengan keras untuk menghasilkan sumber daya manusia lulusan Prodi MKn yang unggul menuju Indonesia emas,” ujar Prof Gunarto.

Pada kesempatan kali ini, Rektor Unissula juga menyampaikan suatu hal yang menjadi kerisauannya pada ketika banyak Notaris yang dipanggil oleh Polisi karena pelanggaran kode etik Notaris atau pelanggaran Jabatan Notaris.

Maka, menurut Prof Gunarto diperlukan kesadaran yang tinggi bagi Notaris sebagai pejabat umum untuk selalu menjaga moralitas, integritas, harkat, martabat serta kehormatannya sebagai Notaris yang diberikan kewenangan sangat tinggi oleh pemerintah dalam hal ini oleh Kementerian hukum Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) untuk membuat akta di setiap perbuatan hukum yang dilakukan di bumi Pertiwi Indonesia.

“Saya mengajak kepada seluruh penyelenggara Prodi MKn  untuk mendorong mahasiswanya yang kelak memegang kehormatan sebagai Notaris yang memiliki integritas, profesional dan beraklak mulia.

Rektor Unissula ini berharap kepada seluruh Prodi MKn Swasta punya tanggungjawab secara moral untuk mendorong kualitas lulusannya kearah yang lebih baik dan membangun kurikulum yang sama supaya integritas itu terjaga.

“Integritas lahir bukan hanya karena dimiliki oleh  indivindu yang punya moral yang baik tetapi intensitas itu lahir dengan ilmu yang terbaik juga yang ditumbuhkan secara akademik dikampus, yang tentunya dibangun dengan prinsip-prinsip akademik terutama terkait  dengan kebenaran, keadilan dan kejujuran serta tanggungjawab,” tegas Prof Gunarto.

“Dengan dukungan Ikatan Notaris Indonesia yang merupakan para praktisi Notaris maka diharapkan  lulusan Prodi MKn Swasta bisa melahirkan yang berkualitas dan bisa  menyikapi perkembangan hukum yang ada,” imbuh Prof Gunarto.

Rektor Unissula ini juga berharap terbangun kesadaran baru akan pentingnya penguatan mata kuliah terkait dengan teknik pembuatan akta Notaris dan PPAT. Untuk itu, mari kita membangun sinergi antara pimpinan penyelenggaraan Prodi MKn di seluruh Indonesia dengan PP INI.

“PP INI sudah siap berkomitmen dengan  tawarannya untuk memberikan materi kuliah khususnya dalam bidang praktis yaitu terkait dengan materi teknik pembuatan akta Notaris, sehingga sebagai pengelola Magister Kenotariatan yang menjadi harapan masyarakat indonesia bisa mewujudkan masyarakat indonesia yang lebih sejahtera. Sehingga tak ada lagi Notaris dikemudian hari yang dipangil-panggil polisi ataupun jaksa karena dianggap teledor atau menyelewengkan akta yang digunakan untuk kepentingan lain ,” ujar Gunarto mengakhiri sambutannya dan langsung membuka acara seminar. (Pramono)

Releated Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *