Skip to content

Pemantapan Target Predikat Unggul Prodi MKn Unwar

“Program Pendidikan Megister Kenotariatan Universitas Warmadewa (Kaprodi MKn Unwar), Bali pada Januari 2023 menginjak usianya tujuh tahun, menjadikan langkahnya untuk memantapkan pencapaian target peringkat akreditasi Unggul yang merupakan akreditasi tertinggi bagi sebuah perguruan tinggi yang memenuhi kriteria BAN-PT pada tahun 2023”. Demikian dikatakan Dr. I Nyoman Sujana, S.H.,M.Hum selaku Kaprodi MKn Unwar kepada Notarynews (6/2) lalu.

Komitmen untuk membangun Prodi MKn Unwar kedepan tidak lepas dari dukungan sivitas akademika. Tekad dan komitmen menjadi modalitas dari seluruh sivitas akademika untuk mendorong proses untuk meraih peringkat akreditasi ‘Unggul” yang merupakan akreditasi tertinggi bagi sebuah perguruan tinggi yang memenuhi kriteria BAN-PT.

Dr. I Nyoman Sujana, SH, M. Hum
Dr. I Nyoman Sujana, SH, M. Hum

“Selain menetapkan standar mutu, Prodi MKn Warmadewa melaksanakan pemantauan pelaksanaan standar mutu pembelajaran. Selain itu, Prodi MKn Warmadewa juga mengevaluasi mutu akademik melalui instrumen “Evaluasi Intrrnal Semesteran (Evisem), Evaluasi Internal Tahunan (Evitah), Audit Internal Akademik (AIA), Evaluasi Dosen oleh Mahasiwa atau Evaluasi Fasilitator oleh Mahasiswa (EDOM/EFOM), Evaluasi Mahasiswa mengenai Pendidikan dan Riset (EMPIRIS), dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran berbasis TIK (Monev E-Learning),” terang Nyoman Sujana.

Mahasiswa Prodi MKn Unwar saat mengerjakan soal ujian semesteran
Mahasiswa Prodi MKn Unwar saat mengerjakan soal ujian semesteran

Alhasil, lanjut Nyoman Sujana, Prodi MKn Unwar memasuki usia tahun, telah menghasilkan lulusan Notaris, PPAT dan juga lawyer yang mampu memiliki kompetensi akademik, keahlian dan ketrampilan khusus sebagai Pejabat Umum maupun pelaksana hukum professional yang memiliki visi keilmuan yang tidak dimiliki oleh Prodi MKn Se Indonesia, visi keilmuannya yaitu mengembangkan ilmu kenotariatan dibidang investasi dan juga  pariwisata.

Dosen Prodi MKn Unwar saat mengawasi kegiatan ujian semesteran
Dosen Prodi MKn Unwar saat mengawasi kegiatan ujian semesteran

“Capaian keberhasilan selama tujuh tahun merupakan kolaborasi dari dari penyelenggaraan pembelajaran yang melibatkan menejemen. dosen tenaga kependidikn, mahasiswa dan juga alumni,” ujarnya meyampaikan terima kasih kepada seluruh civitas akdemika yng terlibat dalam memajukan Prodi MKn Unwar menuju prediksi unggul.

Mahasiswa Prodi MKn  Unwar meraih dua prestasi dalam kegiatan lomba membuat akta Notaris dan Akta PPAT yang didapat  dari Yanti Thelly sebagai Juara 3 Akhir Akta Notaris Terbaik dan Nnyoman Satria Wibawa yang meraih Juara 3 Akhir Akta PPAT Terbaik
Mahasiswa Prodi MKn Unwar meraih dua prestasi dalam kegiatan lomba membuat akta Notaris dan Akta PPAT yang didapat dari Yanti Thelly sebagai Juara 3 Akhir Akta Notaris Terbaik dan Nnyoman Satria Wibawa yang meraih Juara 3 Akhir Akta PPAT Terbaik

Nyoman Sujana berharap Prodi MKn Unwar, Bali dapat terus meningkatkan mutu pendidikan kenotariatan, sehingga menghasilkan lulusan yang profesional dan berintegritas moral tinggi yang berguna bagi masyarakat, negar dan bangsa serta bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Ditegaskan Nyoman Sujana, untuk meraih predikat unggul, sangat dibutuhkan keras dari seluruh pihak yang terkait karena perlu ketelitian untuk melihat isi borang tersebut.

MoU Prodi MKn Unwar dengan PP INI dan Pengwil Bali INI secara offline dan online
MoU Prodi MKn Unwar dengan PP INI dan Pengwil Bali INI secara offline dan online

Dan komitmen itu juga mendapat dukungan dan kerjasama dari Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI), dan dukungan tersebut diimplementasikan melalui kegiatan di laboratorium Prodi MKn Unwar yang hingga saat ini di dukung oleh Pengwil Bali INI.  

Prodi MKn Unwar. Bali sangat aktif mengikuti berbagai kegiatan dari Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta (FKPS MKN PTS).
Prodi MKn Unwar, Bali sangat aktif mengikuti berbagai kegiatan dari Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta (FKPS MKN PTS).

Selain itu, Prodi MKn Unwar juga telah membuat kerjasama dengan perguruan tinggi Se Indonesia dimana ada 19 perguruan swasta yang tergabung dalam Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta (FKPS MKN PTS). Dan ini merupakan satu kekuatan untuk saling berkontribusi saling melengkapi dan saling menguatkan sehingga lulusan Magister Kenotariatan Unwar  betul betul melahirkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing global. (Pramono)

Releated Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *