Skip to content

Otty : “Siap Benahi INI”

(Jakarta – Notarynews)  Otty Harry Chandra Ubayani, SH, SpN, MH atau yang akrab disapa Otty ini kembali maju sebagai bakal calon (balon) Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP INI) pada Kongres INI pada bulan Nopember 2022 di Bandung.

Otty Harry Chandra Ubayani selalu aktif berkegiatan di organisasi
Otty Harry Chandra Ubayani selalu aktif berkegiatan di organisasi

Otty meluangkan waktu untuk wawancara dengan Notarynews usai dirinya resmi masuk dalam bursa sebagai balon Ketua Umum PP INI yang didukung oleh 17 Pengurus Wilayah.

Berikut ini petikan wawancara Notarynews dengan Otty Harry Chandra Ubayani:

Apa motivasi yang mendorong Anda maju sebagai bakal calon Ketua Umum PP INI?

Saya menginginkan adanya pembaharuan organisasi di tubuh Ikatan Notaris Indonesia. Dan menurut Saya perlu dilakukan perombakan managemen di INI supaya bisa lebh dirasakan lagi manfaatnya untuk anggota.

Bagaimana perasaan Anda dicalonkan oleh 17 Pengwil sebagai bakal calon Ketua Umum PP INI ?

Saya sangat bersyukur di calonkan oleh 17 Pengwil, dan Saya ucapkan terima ksih atas dukungannya. Saya melihat masih ada hati nurani rekan-rekan berkenan mendukung Saya sebagai bakal calon. Tentu saja ini patut disyukuri, pastinya tanpa adanya Money Politik yaa.

Bagaimana model kepemimpinan yang akan Anda gunakan jika dipercaya sebagai Ketua Umum?

Saya lebih memilih sebuah model kepemimpinan yang demokratis. Artinya, Saya tidak mau bersikap seolah-olah memiliki kekuasaan penuh hingga tak mau mendengar masukan dari para anggota ataupun pengurus lainnya. Dan Saya suka keterbukaan dalam berorganisasi. Dan Saya selalu siap membuka akses diskusi antara pengurus dengan anggota.

Saya tentu akan berangkat dari level anggota, Pengurus Daerah, Pengurus Wilayah untuk selalu mengingatkan agar selalu berpedoman pada Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga Perkumpulan. Dan jangan sampai  menabrak rambu-rambu AD/ART Perkumpulan, hukum, hak azasi manusia, dan sebagai pengurus tentu saja harus selalu mengayomi dan melindungi anggotanya. Jangan sampai sebagai pengurus  berlaku diktator dan selalu memaksakan kehendak dan kepentingan pribadinya ataupun golongannya.

Apa yang akan dilakukan seorang Ketua jika banyak kebijakan yang ditentang oleh anggota?

Saya rasa semua masalah pasti ada solusinya. Dan yang terpenting adalah komunikasi dan juga koordinasi dengan jajaran kepengurusan lainnya.

Sampai sekarang Apa Anda percaya bahwa pemilihan langsung optimis bisa di aplikasikan dan apa mungkin itu dilakukan karena jumlah anggota INI mencapai ribuan?

Harus diakui untuk sekarang ini pemilihan langsung secara offline tidak akan mungkin dilakukan bisa kisruh dan memakan waktu yang cukup lama.

Menurut Saya, lebih baik sistem pemilihannya online tapi usul Saya anggota di daerah bisa memiilih langsung secara online dari masing masing daerah.

Lalu bagaimana dengan sistem pemilihan menggunakan elektronik (E Voting)?

Saya setuju bila dilaksanakan pemilihan secara e-voting. Tapi sistemnya harus terbuka. Dalam artian, transparan dan terbuka, karena anggota Ikatan Notaris Indonesia kan ada sekitar 23 ribu yang juga punya hak yang sama untuk memilih Ketua Umumnya.

Selain itu, vendor pelaksanaan e-voting juga harus dari pihak yang kredibel dan netral. Tentu saja perusahaan penyelenggara itu juga harus melewati tender. Dan tender inipun, harus diketahui oleh masing-masing tim IT dari tiap Tim Sukses Bacaketum.

Selanjutnya, setiap tahapan proses kesiapan kelengkapan pemilihan juga harus diikutsertakan dari awal hingga akhir proses perhitungan agar dapat mengamankan data-data sebelum diumumkan. Jangan dimonopoli oleh pihak-pihak tertentu, inilah yang Saya maksud dengan transparan itu, agar jangan sampai menimbulkan kecurigaan para balon Ketua Umum lainnya dan juga anggota.

Otty Harry Chandra Ubayani
Otty Harry Chandra Ubayani

Pesan Saya kepada anggota, yang pada intinya adalah segala sesuatu yang salah ataupun kurang pas seyogyanya jangan di ikuti. Dan sebagai pejabat semestinya harus berani mengatakan mana yang salah dan mana yang benar. Jangan membebek terus pada aturan yang salah.

Dan Saya berharap ada dukungan dari Pengwil-Pengwil lain dan juga anggotanya untuk bersiap-siap mengikuti kongres mendatang pada bulan Nopember di Bandung. Harapan Saya, anggota di 34 wilayah merapatkan kembali dukungannya kepada Saya. (Pramono)

Releated Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *