Skip to content

Irfan Ardiansyah: “Ayo Jangan Ragu Berkonstribusi Untuk Kemajuan Organisasi”

(Bandung – Notarynews) Sebanyak 65 Anggota Luar Biasa (ALB) Ikatan Notaris Indonesia pada, Kamis, (17/2), bertempat di Grandia Hotel Jalan Cihampelas No. 80-82 Kota Bandung, mengikuti kegiatan Magang Bersama yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Jawa Barat Ikatan Notaris Indonesia (Pengwil Jabar INI).

Magang bersama ini merupakan salah satu syarat wajib bagi Anggota Luar Biasa (ALB) sebelum mengikuti Ujian Kode Etik Notaris, dalam Peraturan Perkumpulan No. 19/PERKUM/INI/2019 tentang “Magang” jo Peraturan Perkumpulan No. 24/PERKUM/INI/2021 tentang “Peraturan Perkumpulan No. 19/PERKUM/INI/2019 tentang Magang.

Ketua Pengwil Jabar INI. Dr. H. Irfan Ardiansyah, SH. LLm. SpN saat berdialog dengan ALB Jabar
Ketua Pengwil Jabar INI. Dr. H. Irfan Ardiansyah, SH. LLm. SpN saat berdialog dengan ALB Jabar

Adapun tujuan magang bersama untuk adalah untuk meningkatkan penguasaan, keahlian, dan keterampilan dalam melaksanakan tugas jabatan Notaris maupun dalam memahami peraturan perundang-undangan serta teori-teori hukum yang berkenaan atau terkait dengan pelaksanaan tugas jabatan Notaris kepada para calon Notaris atau ALB agar pada saat diangkat menjadi Notaris yang bersangkutan mumpuni dan siap untuk melayani kepentingan masyarakat.

Untuk Maber Februari 2022, kali ini Pengwil Jabar INI menhadirkan para pemateri antara lain, Dr. Herlien Budiono, SH (Pembuatan Akta – Akta Terkait Hukum Orang & Kekeluargaan), Dr. Irfan Ardiansyah, SH, LLm, SpN (Teknik Akta Pertanahan), Dr. Dewy Nelly Yanthy, SH (Dasar – Dasar Teknik Pembuatan Akta dan Teknik Perbankan), Dr. Dhody AR Widjajaatmadja, SH ( Teknik Pembuatan Akta Perikatan II dan Perjanjian Tak Bernama), Irma Tan, SH (Teknik Pembuatan Akta Perikatan I dan Perjanjian Bernama), Dr. Nanda Lubis, SH., MKn( Kode Etik Notaris), ‘- Hilda Sophia Wiradiredja, SH (Teknik Akta Pertanahan), dan Dr. Irma Rachmawati,SH., MH.,PhD ( Teknik Pembuatan Akta Perikatan II dan Perjanjian Tak Bernama). Acara Maber kali ini juga dihadiri oleh oleh Ketua Pengwil Jabar INI, Dr. Irfan Ardiansyah, SH, SpN. LLm, Sekretaris Umum, Ana Wismayanti, SH, dan Bendahara Umum Ichda Adieba, SH.

Dr. H. Irfan Ardiansyah. SH, LLm. SpN.
Dr. H. Irfan Ardiansyah. SH, LLm. SpN.

Ketua Pengwil Jabar INI, Dr. Irfan Ardiansyah, SH, SpN. LLm saat mendatangi peserta semester satu dan tiga dalam perkenalannya mengingatkan agar yang disampaikan para narasumber diperhatikan sebagai bekal kelak dalam pelaksanaan tugas. Dia juga mengharapkan kelak apabila para anggota ALB jadi Notaris agar selalu mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi.

“Rekan ALB tentunya harus memperkuat diri dengan pengetahuan baik teori maupun praktek termasuk memahami peraturan-peraturan dan perundang-perundangan. Apa yang dipelajari di kampus dan di lapangan tentunya berbeda dalam pelaksanaan jabatan. Untuk itu, sebagai Notaris kelak harus bersiap diri dengan pengetahuan dan pengalaman yang cukup,” ujar Irfan.

Santi
Santi

Dalam kegiatan magang bersama Pengwil Jabar INI juga melakukan dialog dengan peserta, Santi salah satu peserta dari Kabupaten Bogor menanyakan soal perlindungan hukum anggota terhadap anggota yang tengah menghadapi masalah hukum.

Santi dalam dialog tersebut mengungkapkan keprihatinannya terhadap kasus yang menimpa rekan Notaris terkait masalah dengan keluarga artis NZ.

Menurut penilaian Santi, perlindungan Notaris sejauh ini msih kurang terekspose. “Pinginnya Saya, organisasi bisa lebih vokal lagi melakukan perlindungan terhadap Notaris sedang memghadapi masalah,” ujarnya.

Dinan Wahyitno, SH, MKn
Dinan Wahyitno, SH. MKn

Sementara itu, Dinan Wahyitno,SH, MKn, ALB dari Kota Bandung kepada Notarynews disela-sela acara mengakui sangat suka berorganisasi dan berkeinginan bisa berkonstribusi bagi organisasi.

“Saya suka berorganisasi, dan Saya berharap kedepan bisa jadi pengurus. Dan boleh-boleh aja kok rekan-rekan tergabung dalam satu kelompok pertemanan di organisasi. Tapi alangkah baiknya, tidak sampai berubah menjadi sebuah kubu-kubuan yang memberikan dampak jelek terhadap organisasi dan juga reputasi diri sendiri”, terang alumni Prodi MKn Unpad 2020 ini.

Kepada peserta Magang Bersama, Ketua Pengwil Jabar INI juga menegaskan sekaligus mengajak ALB kedepannya bisa aktif dalam organisasi Ikatan Notaris Indonesia.

“Yuk yang mau berorganisasi kita berorganisasi, jangan ragu bersama kita ikut memajukan dan berkonstribusi untuk organisasi,” tegasnya.

Harapan Ketua Pengwil Jabar INI, semoga kedepan organisasi Ikatan Notaris Indonesia semakin kuat. Dan kepada anggota ALB semuanya Saya berharap kedepan bisa menjalankan amanah jabatan sebagai pejabat umum dengan sebaik-baiknya sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku.

“Setiap pekerjaan tentu saja beresiko, tinggal bagaimana kita aja mau konsekwen, siap menjadi, ragu-ragu menjadi atau tidak siap menjadi Notaris. Dan soal perlindungan anggota kedepan Saya berharap bisa lebih baik lagi dari sekarang,” imbuh Irfan.

“Kenapa kemudian para peserta magang tahun 2022 sangat terbatas dan kita bagi menjadi empat kelas terpisah di ruang Orchid, Crysant, Lotus, dan Lavender, karena kita berpegang pada aturan prokes yang dibuat oleh PP INI dan juga aturan Pemerintah,” ujar Irfan.  (PM)

Releated Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us Social Media

ADVERTISMENT

Are You Ready to Explore the Renewed JupiterX with Advanced User Experience?

Recent Posts

ADVERTISMENT