Skip to content

104 ALB Ikuti Maber Pengwil Jabar INI

(Bandung – Notarynews) Sebanyak 104 Anggota Luar Biasa (ALB) Ikatan Notaris Indonesia pada Kamis, (20/5), mengikuti kegiatan Magang Bersama yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Jawa Barat Ikatan Notaris Indonesia (Pengwil Jabar INI) di Grandia Hotel Jalan Cihampelas No. 80-82 Kota Bandung.

Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia Maber Pengwil Jabar INI, Desi Ika Sartika, SH, SP1 kepada Notarynews di lobi Hotel Grandia.

Desi Ika Sartika, SH, SP1, Ketua Panitia Maber Pengwil Jabar INI
Desi Ika Sartika, SH, SP1, Ketua Panitia Maber Pengwil Jabar INI

Adapun perincian jumlah peserta Maber Pengwil Jabar INI pada bulan Mei 2022, lanjut Desi, meliputi; peserta semester satu sebanyak 30 orang, semester dua, 29 orang, semester tiga 30 orang dan semester empat sebanyak16 orang.

Hadir pada acara Maber kali ini, lanjut Ketua Panitia Maber, Ketua Pengwil Jabar INI, Dr. Irfan Ardiansyah, SH, SpN. LLm, Sekretaris Umum, Ana Wismayanti, SH, dan Bendahara Umum Ichda Adieba, SH.

Jajaran Pengwil Jabar INI foto bersama dengan ALB peserta Magang Bersama semester kedua

Untuk Maber Mei 2022, kali ini Pengwil Jabar INI menhadirkan para pemateri antara lain, Dr. Herlien Budiono, SH (Perjanjian Perkawinan), Dr. Irfan Ardiansyah, SH, LLm, SpN (Akta Jual Beli ), Dr. Dewy Nelly Yanthy, SH (Dasar – Dasar Teknik Pembuatan Akta dan Teknik Perbankan), Noviyanti Absyari, SH, MKn (Asministrasi Perkantoran), Dr. Dhody AR Widjajaatmadja, SH ( Teknik Pembuatan Akta Perikatan II dan Perjanjian Tak Bernama), Irma Tan, SH (Teknik Pembuatan Akta Perikatan I dan Perjanjian Bernama), Dr. Nanda Lubis, SH., MKn ( Kode Etik Notaris), ‘- Hilda Sophia Wiradiredja, SH (Teknik Akta Pertanahan), dan Dr. Irma Rachmawati,SH., MH.,PhD ( Teknik Pembuatan Akta Perikatan II dan Perjanjian Tak Bernama).

Ketua Pengwil Jabar INI saat menyampaikan paparannya terkait perkembangan perkumpulan
Ketua Pengwil Jabar INI saat menyampaikan paparannya terkait perkembangan perkumpulan

Selnjutnya, memasuki kegiatan Maber, Ketua Pengurus Wilayah Jawa Barat (Pengwil Jabar INI), Dr. H. Irfan Ardiansyah, S.H, Sp.N. LLm saat mendatangi peserta semester satu dan dua dalam perkenalannya mengingatkan kepada ALB agar apa-apa yang disampaikan para nrasumber diperhatikan sebagai bekal kelak dalam pelaksanaan tugas.

Dr. H. Irfan Ardiansyah. S.H, LLm, SpN saat menyampaikan paparannya
Dr. H. Irfan Ardiansyah. S.H, LLm, SpN saat menyampaikan paparannya

Ditegaskan Irfan melalui kegiatan magang bersama ini diharapkan ALB dapat meningkatkan penguasaan, keahlian, dan keterampilan terkait dalam hal pelaksanaan tugas jabatan Notaris maupun dalam memahami peraturan perundang-undangan serta teori-teori hukum yang berkenaan atau terkait dengan pelaksanaan tugas jabatan Notaris. Selain itu, Maber ini juga bisa menjadi bekal bagi ALB untuk mengikuti Ujian Kode Etik Notaris (UKEN). Dan yang terpenting sebelum diangkat menjadi Notaris yang bersangkutan sudah mumpuni dan siap untuk melayani kepentingan masyarakat.

Kesibukan panitia Maber saat registrasi ALB pada pukul 07.30 wib
Kesibukan panitia Maber saat registrasi ALB pada pukul 07.30 wib

Lebih jauh Irfan mengingatkan agar ALB selalu update ilmu dan perkembangan peraturan-peraturan, karena kedepan bisa jadi terjadi perubahan. “Dan untuk itu, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada organisasi,” ujar Irfan.

“Harapan Saya, apabila kedepan menjadi Notaris, penting bagi rekan untuk selalu berkoordinasi dan memberitahukan kepada Pengda dan juga Pengwil di mana daerah penempatannya. Dan berkonstribusilah terhadap organisasi, karena siapa lagi yang meneruskan dan juga menjaga organisasi kalau bukan anggota,” harap Irfan.

“Namun yang lebih penting dari itu, utamanya adalah tetap menjaga harkat dan martabat Jabatan Notaris sebagai Pejabat Umum,” tegas Ketua Pengwil Jabar INI. (PM)

Releated Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *